HARMONISASI AIR TERJUN MADAKARIPURA

Selasa, 06 November 2012


MERAUP KESEGARAN ALAM DI AIR TERJUN MADAKARIPURA


            Probolinggo tak hanya menyimpan keindahan Gunung Bromo. Namun, juga memiliki mutiara wisata lain yang menawan, yaitu air terjun Madakaripura, yang dikabarkan zaman dulu merupakan tempat semedi Patih Gajah Mada.
            Air terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Purbolinggo, Jawa Timur. Lokasi air terjun ini sangatlah jauh dari pusat kota, jalan yang sempit dan curam serta dikelilingi oleh lembah dan jurang. Namun, semua itu dapat dibayarkan dengan suguhan panorama di air terjun Madakaripura.
            Selama perjalanan, pemandangan khas perbukitan dengan hijaunya pepohonan terus menyapa. Aktivitas warga yang cukup mencolok adalah saat warga daerah setempat menjemur singkong yang di buat geplek, selain itu di daerah tersebut juga terdapat banyak kotak kayu yang digunakan untuk budidaya lebah.
            Untuk mencapai, air terjun Madakaripura kita harus melewati banyak tantangan seperti menyusuri dan menyebrangi sungai, melewati miringnya tebing bebatuan yang licin dan ditumbuhi lumut.
            Air terjun ini, memiliki banyak keistimewaan. Konon air terjun Madakaripura pernah di gunakan untuk semedi Patih Gajah Mada sehingga masyarakat sekitar khususnya yang beragama hindu menggangap bahwa air yang berada di Madakaripura adalah air suci atau Tirta Sewana yang digunakan untuk upacara adapt dan upacara keagamaan.

0 komentar:

Posting Komentar