ESSAY LINGKUNGAN HIDUP

Kamis, 15 November 2012

WARNA WARNI NEGRI ZAMRUD KHATULITIWA



DESAMU DESAKU
DESA YANG INDAH PERMAI
DESAMU DESAKU
DESA YANG INDAH PERMAI
AIR MENGALIR JERNIH
UDARA SEGAR BERSIH
HEWAN TERLINDUNG
TANAM TANAMAN SUBUR
ITULAH LINGKUNGAN HIDUPMU
NIKMAT DAN KURNIA TUHANMU
YANG HARUS KAU SYUKURI
AGAR TETAP LESTARI
PENCEMARAN DAN PENGRUSAKAN HINDARI
            Goresan kata kata di atas merupakan sepenggal lirik lagu bertemakan lingkungan yang di ciptakan oleh H.Abu Ali Haidar. Dari sepenggal lirik lagu di atas kita dapat melukiskan bahwa lingkungan yang kita tempati saat ini merupakan anugerah serta nikmat karunia yang di berikan Tuhan untuk kita, yang patut kita jaga dan kita pelihara.
            Oleh sebab itu, kita harus mengetahui apa itu lingkungan. Sebagai generasi penerus bangsa yang baik serta bertanggung jawab, kita harus mengetahui apa itu lingkungan. Sejauh ini jika membahas tentang lingkungan, di benak kita selalu mengatakan bahwa lingkungan merupakan topik lawas yang selalu dibahas tetapi selalu aktual dibicarakan dari waktu ke waktu. Jadi menurut anda apa itu lingkungan? Jika menurut saya, lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, yang didalamnya terdapat semua mahkluk hidup  khususnya manusia, di dalam lingkungan terdapat berbagai macam sumber daya alam, keanekaragamaan hayati yang di manfaatkan manusia serta terdapat kegiatan pembangunan-pembangunan yang berfungsi untuk menompang kebutuhan manusia.
Setelah kita ketahui apa itu lingkungan, saat ini juga marilah kita bayangkan dan amati, bagaimana kondisi lingkungan kita saat ini? Baik dan terjaga atau kotor dan tak terawat. Pastilah batin kita menjawab bahwa lingkungan kita saat ini kotor dan tak terawat.
            Kepedihan yang diderita manakala hutan-hutan dibalak tanpa bekas. Air tak lagi mengalir jernih membasahi bumi. Udara segar semakin sulit kita hirup. Langit menghitam menunjukkan kegarangannya kini telah terlapisi oleh asap pabrik yang membumbung tinggi. Tanah menjadi tandus, kerontang mengekang benih kehidupan untuk tumbuh. Birunya air laut berubah menjadi genangan kotor limbah yang kotor dan berpolusi. Flora dan fauna semakin sulit menemukan rumah yang nyaman untuk tumbuh dan berkembang biak.
            Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan hal ini telah diatur dalam UUD 1945, terutama Pasal 33 Ayat 3 yang berbunyi “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.Setiap orang menyadari bahwa manusia merupakan bagian dari lingkungan, manusia dengan lingkungan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, bahkan diantara hubungan lingkungan dengan manusia terbentuk hubungan timbale balik, entah itu hubungan timbale balik yang saling menguntungkan maupun merugikan.
            Tersimpan banyak sumber daya alam yang ada di Indonesia. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Sumber daya alam yang ada di Indonesia di bagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.     
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yag berbentuk mahkluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. Jika penggunannya secara berlebihan dapat menyebabkan kelangkaan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Sedangkan sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang berupa benda tak bernyawa seperti air, angin, matahari, barang tambang. Seharusnya sebagai warga negara yang bermartabat, selain kita menggunakan sumber daya alam tersebut kita juga harus bisa mengelola dan melestarikan  sumber daya alam tersebut sebaiknya agar tidak mengalami kelangkaan. Tetapi, seperti yang kita ketahui banyak sumber daya alam yang ada di negri zamrud khatulistiwa ini sudah banyak yang mengalami kelangkaan, seperti barang-barang tambang.
Sumber daya alam memiliki kaitan yang sangat erat dengan keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati juga disebut dengan biodiversitas yang merupakan keseluruhan variasi, baik bentuk, penampilan jumlah dan sifat yang dapat ditemukan pada tingkat gen, spesies ataupun ekosistem. Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman yang ada di Indonesia ada 2 macam yaitu keanekaragaman flora dan keanekaragaman fauna. Di negri zamrud khatulistiwa ini tersimpan banyak harta didalamnya yaitu berupa hewan dan tumbuhan unik yang hanya bisa di jumpai di negri ini, seperti bunga Rafflesia Arnoldi, bugenville, Kamboja, badak jawa, komodo dan lain-lain. Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia diatur oleh UU No.5 tahun 1994.
                Namun, ada beberapa kegiatan manusia yang mempengaruhi keanekaragaman hayati. Masalah utama yang mempengaruhi keanekaragaman hayati adalah ketidakserasian antara manusia dengan lingkungan seperti peningkatan jumlah populasi manusia sehingga mengakibatkan pemenuhan kebutuhan pangan, papan, sandang dan hiburan. Peningkatan tersebut menyebabkan tekanan terhadap alam, anatara lain berupa perluasan lahan pertanian dan pemukiman, pembangunan jalan melintasi areal hutan, pembangunan gedung, pembuangan limbah, pencemaran lingkungan . Ancaman tebesar akibat aktivitas manusia tersebut dapat menimbulkan kerusakan habitat asli, seperti kerusakan hutan dan terumbu karang yang sangat berpengaruh kepada organisme lain yang ada disekitarnya. Membicarakan tentang aktivitas manusia yang mempengaruhi keanekaragaman hayati ingatkan kita akan PT FREEPORT?
PT. Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas sahamnya dimiliki Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. PT. Freeport  merupakan perusahaan yang berdiri di tanah timur Indonesia. Perusahaan ini adalah pembayar pajak terbesar kepada Indonesia dan merupakan perusahaan penghasil emas terbesar di dunia melalui tambang Grasberg. Freeport Indonesia telah melakukan eksplorasi di dua tempat di Papua, masing-masing tambang Erstberg (dari 1967) dan tambang Grasberg (sejak 1988), di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Dampak negatif yang disebabkan oleh PT FREEPORT adalah pencemaran air laut, PT FREEPORT kurang mengerti akan UU No.19 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran dan atau/perusakan laut. Damapak negatif pencemaran air oleh PT FREEPORT  antara lain :
·          Pertumbuhan fitoplankton laut akan terhambat akibat keberadaan senyawa beracun dalam komponen minyak bumi.
·        . Penurunan populasi alga dan protozoa akibat kontak dengan racun slick (lapisan minyak di permukaan air).
·         Rusaknya estetika pantai akibat bau dari material minyak.
·        .Kerusakan biologis, bisa merupakan efek letal dan efek subletal.
Selain PT FREEPORT, masih banyak perusahaan yang menganggu keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Misalnya perusahaan mega industri yang tidak menggunakan filter pada cerobong asapnya dapat menggangu keseimbangan keanekaragaman hayati. Karena pada asap atau polusi udara yang dihasilkan oleh mega industri mengandung padatan renik atau debu, gas-gas karbonmonoksida, hidrookarbon, nitrogen oksiida dan sulfur oksida yang berbahaya bagi kehidupan manusia, antara lain :
·        Penurunan jarak pandang dan radiasi matahari,
·        Kenyamanan yang berkurang,
·        Kerusakan tanaman,
·        Percepatan kerusakan bahan konstruksi dan sifat tanah, dan
·        Peningkatan laju kematian atau jenis penyakit.
Suatu negara jika memiliki sumber daya alam serta keanekaragaman hayati yang memadai, negara tersebut juga akan melakuakan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Pembanguna berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang digunakan untuk aktivitas manusia untuk mencapai suatu kesejahteraan. Sebenarnya tujuan utama pembanguna  berwawasan lingkungan adalah terpenuhinya papan, sandhang, lapangan kerja yang diperlukan, keamanan dan kebebasan berpolitik, kebebasan dari ketakutan dan tindak kekerasan, dan kebebasan untuk menggunakan hak-haknya sebagai warga negara. Taraf kesejahteraan ini diusahakan dicapai dengan menjaga kelestarian lingkungan alam serta tetap tersediannya sumber daya yang diperlukan. Untuk menjaga kelestarian lingkungan alam tersebut dapat dilakukan dengan reboisasi, menanam seribu pohon dan gerakan bersih lingkungan tampaknya mengalami kendala yang berarti.
Banyak bencana yang terjadi jika sumber daya alam, keanekaragaman hayati dan pembangunan yang berwawasan lingkungan tidak dimanfaatkan secara bijak. Untuk itu sebagai warga Negara yang bermartabat marilah kita mengingat akan kata kiasan yang bermakna bagi kita yaitu Learning from today’s disaster for tomorrow’s hazards. Kita harus bisa belajar dari bencana hari ini untuk menghadapi ancaman bahaya hari esok. Jangan sampai ketika pohon terakhir telah ditebang, sungai terakhir telah tercemar, ikan terakhir telah ditangkap, dan tetes air terakhir telah berakhir, kita baru menyadari arti pentingnya kelestarian lingkungan hidup bagi kita. Kita harus bisa menjaga warisan berupa tanah air yang gemah ripah loh jinawi dari nenek moyang kita dan kelak kita wariskan untuk anak cucu kita.
Jika semua mimpi itu terlalu tinggi untuk diraih , biarlah mimpi tersebut saya  sebagai penerus bagsa negri Zamrud Khatulistiwa ini menggantungan mimpi tersebut di tempat yang paling tinggi, agar suatu saat penerus bangsa yang peduli akan negri ini meraihnya sendiri..
Jika rangkaian kata-kata diatas tidak merubah keadaan di bumi Pertiwi ini, biarlah rangkaian kata tersebut sebagai curahan kesedihan anak negri. Marilah kita, penerus bangsa yang ingin merubah keadaan di Indonesia, bersama-sama kita dengan semangat yang tinggi kita mengucapkan “Hidup adalah sebuah pilihan, aku akan merubah keadaan di bumi Pertiwi ini.”


1 komentar:

Erick DAJ Butarbutar mengatakan...

izin di copy yah lady mau dipeajari.. hehe :)

Poskan Komentar